Wednesday, February 18, 2009

Buah Cempedak

Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian.

Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat.

Dikenal secara luas sebagai cempedak atau campedak, buah ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti bangkong (bentuk liar, Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa) dan lain-lain.

Buah dimakan dalam keadaan segar atau diolah terlebih dulu. Daging buah cempedak, terkadang beserta bijinya sekali, diberi tepung, gula atau garam dan digoreng, dijadikan camilan minum teh atau kopi. Bijinya dapat digoreng, direbus atau dibakar, sebelum dimakan dengan campuran sedikit garam. Buah mudanya, seperti nangka muda, dapat dijadikan sayur.

Kayunya berkualiti baik, kuat dan awet, sehingga kerap digunakan sebagai kayu bangunan, bahan perabotan rumah, atau bahan perahu. Kulit kayunya yang berserat dapat digunakan sebagai bahan tali, dan getahnya untuk memukat burung. Dari kayunya juga dapat dihasilkan bahan pewarna kuning.

Di Kalimantan, cempedak atau bahasa Banjarnya tiwadak, selain dikonsumsi daging buah dan bijinya, kulitnya pun dapat diolah menjadi makanan yang dinamakan mandai atau ada juga yang menyebutnya dami. Mandai dibuat dengan cara mengupas kulit buah sampai terlihat putih kemudian direndam dengan air garam untuk mengawetkan dan melunakkan teksturnya. Rendaman dapat dilakukan selama beberapa jam bahkan hingga sebulan. Mandai biasanya dikonsumsi dengan menggorengnya hingga kecoklatan.




CEMPEDAK GORENG

Bahan

isi buah cempedak
minyak

Bahan Batter
2 cawan tepung beras cap Gajah
1 biji telur
1 s/k air kapur
1 s/k kunyit serbuk
garam
air secukup pekat

Cara
1. Bancuhkan bahan Batter sehingga rata dan biarkan sekejap. Jgn cair sangat.
2. Panaskan minyak yg banyak.
3. Masukkan isi buah cempedak dalam bahan batter dan jemputkan kedalam kuali.
4. Bila telah kuning keemasan angkat dan toskan dalam tapisan sayur.
5. Hidangkan
.

5 comments:

saveme_zero said...

cempedak grg?? sedapnyaaaaaaaaaaa

Yati-M said...

terliurnye tgk cempedak ni..tapi tak tahan kalu terkena getah dia tu...

Zawatil said...

cuba buat...tp tepungnya tak rangup..nape ye?saya guna 1 cawan tepung beras shj, sbb tu ke?

Zawatil said...

cuba buat...tp tepungnya tak rangup..nape ye?saya guna 1 cawan tepung beras shj, sbb tu ke?

Romli said...

Luar bias sekali Jilbab Segi Empat Terbaru dan Grosir Jilbab Murah serta Agar Online Shop Ramai Pembeli dan Cara Pasang Iklan di Tokopedia juga Cara Mengatasi Online Shop Sepi Pembeli kemudian ada juga Cara Meningkatkan Penjualan di Lazada dan Cara Mengatasi Jualan di Tokopedia Sepi

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

Followers